Bertemu Agen Penny

image

Siapa sih dia?
Agen Penny itu tokoh penolong adik-adik usia Sekolah Dasar yang kesulitan mengelola keuangan. Agen Penny dibantu Will Power dan pasukan relawan dari Citi Peka dan Teater Koma.

Mereka senang membantu adik-adik untuk menumbuhkan kebiasaan baik yaitu menabung dan bergaya hidup hemat.

Wah keren banget ya!

Hihi, jadi tuh, 10 November kemarin, gue bersama beberapa buibu blogger dikasih kesempatan untuk melihat Agen Penny beraksi di SDN 02/04 Cililitan.

Petualangan Agen Penny dan Will Power ini adalah dua tokoh yang diciptakan oleh Citi Foundation untuk berbagi pengetahuan tentang pengelolaan keuangan kepada anak-anak di seluruh dunia.

Ternyata program ini udah diadakan selama 8 tahun, bok! Sudah menjangkau sekitar 650 SD di wilayah Jakarta.

Seneng banget ya, ada yang peduli soal kelola uang buat anak-anak! Gue aja iri, kenapa pas gue SD ga dapet beginian! Apa karena gue ga sekolah di Jakarta? Kan gue sekolahnya di planet lain!

Iya lho, anak usia SD gitu kan pas banget untuk ditanamkan kebiasaan baik yang nantinya mempengaruhi behavior nya saat dewasa. Diajarkan menabung atau dijauhkan dari gaya konsumtif, yaa lebih baik sedini mungkin.

image

Proses belajarnya pun dibuat menarik. Ada pentas teater, trus ada komiknya juga, bahkan terakhirnya itu anak-anak diajak langsung melakukan simulasi kelola keuangan dalam berdagang di Pasar Ceria!

image

image

Takjub lihat simulasinya. Mereka dikasih tantangan untuk jualan dan mendapatkan untung sebanyak-banyaknya. Jadi mereka harus pintar mencari supplier yang dapat memberikan harga paling cocok.


Selain itu, ada juga kompetisi Menabung yang bekerja sama dengan Bank DKI. Siapa yang menabung paling banyak selama Juli-September, dia menang. Sungguh kompetitif! :))

Ini nih yang bikin gue takjub juga. Karya anak-anak SD yang membuat celengan dari bahan bekas.

image

image

image

Hihihi. Emesh yhaa sama anak-anak SD kayak gituuu. Pinter-pinter, kreatif, dan aktif!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s