Menyentuhmu.

Barusan ibu nemuin album foto Elora. Ah, langsung flashback gitu.. Di foto ini, Elora umurnya bahkan belum 40 hari.

IMG_6925

Punya anak itu… siap/gak siap yaa harus siap.

Hajar bleh! (kata anak jaman dulu)

Kuy lah! (kata anak jaman sekarang)

Jadi ibu itu.. gak ada mata pelajarannya. Lo akan belajar sepanjang waktu. Begitu lah yang gue rasakan sejak Elora hadir menjadi tanggung jawab baru bagi gue dan suami.

Merawat bayi baru lahir ituuu.. Gugup, senang, khawatir, clueless. Semua rasa itu kadang datang kayak tawuran, keroyokan. Kehadiran orang sekitar yang sudah berpengalaman atau info-info yang ada di dalam internet, sedikit banyak membantu ke-clueless-an mamak baru. Tapi kebanyakan sih malah bikin tambah bingung

Gak jarang, penyesalan-penyesalan karena mengambil keputusan tertentu dalam merawat bayi, baru terjadi saat si bayi sudah besar dan bukan lagi bayi. Salah satunya, kegiatan rutin memberikan pijatan kepada bayi di 1 bulan pertamanya. Gue bukan orang yang rutin memijat Elora di usia 1 bulan pertamanya. Sedihnya, gue baru tau betapa pentingnya sentuhan/pijatan kepada bayi di 28 hari kehidupan pertamanya, setelah baca ini (kira-kira sebulan yang lalu):

Fase neonatal yaitu 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan, merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan mengalami perubahan lingkungan yang sangat drastis, sehingga tubuhnya sangat rentan.

Situasi ini yang menyebabkan angka kematian saat masa neonatal masih tinggi di Indonesia. Berdasarkan data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktor adalah akibat kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya dan di Indonesia sendiri ada ribuan kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.

 

Jadi ya, fellow buibuk, asli, sebelum terlambat, lakukanlah sesering mungkin memijat bayi dari lahir hingga usia 28 hari. Jangan sampe nyesel kayak gue gini. Penginnya berusaha memberikan yang terbaik, tapi seringnya abai atau gak cari tau lebih banyak saat kebingungan.

Ini gue nemu video singkat cara memijat bayi. Check it out here

 

Lalu gue akhirnya gali lebih dalam lagi pentingnya menyentuh/memijat bayi itu apaan aja sih? Kan ni bayi keseleo juga kagak, ngapa dipijet bae dah~

JADIIII, sudah diteliti dan hasilnya menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yang krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil.

Kemudian gue menemukan info ini di website ini:

Dalam banyak hal, sentuhan menjadi bahasa pertama kita. Sentuhan lembut dan penuh kasih dapat membantu bayi kecil untuk tumbuh lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Bayi yang disentuh secara rutin melakukan kontak mata 50% lebih banyak dan menunjukkan ekspresi positif tiga kali lebih banyak, dibandingkan bayi lainnya. 

Selain membantu Anda dan bayi menjadi lebih dekat, pijat bayi rutin juga dapat:

  • Menenangkan serta mengurangi frekuensi menangis pada bayi
  • Memperlancar pencernaan, serta mengurangi sakit perut, gas dan sembelit
  • Menambah berat badan harian
  •  Membantu bayi lebih mudah beradaptasi dengan tidur malam, dan membantunya tidur lebih nyenyak
  • Meredakan sesak napas dan rasa tak nyaman pada saat tumbuh gigi
  • Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan ototnya dengan baik.
  • Meningkatkan kesadaraan tubuhnya
  • Meningkatkan sistem kekebalan
  • Menjadikan tekstur kulitnya lebih baik
  • Membantu Anda dan bayi Anda merasa tenang dan rileks
  • Meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam memegang bayi Anda

 

Masya Allah. Da gua mah malah makin nyesel abis baca itu :((((

Atuhlah, sok buibu saha nu baru brojol, bisa lakukan hal-hal di atas.

 

Keasikan browsing di web dan IG-nya Johnson’s Baby, gue kemudian nemu hal seru lagi (maklum lah, internet observer nyarinya apa, end up dengan tab-tab-tab di mana-mana ahahahaha)

Jadi, Johnson’s Baby di Indonesia, lagi kerja bareng Alfamart dan Save The Children ngadain #SentuhanPenuhHarapan. Misinya, untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal.

Dan terkait dengan kampanye tersebut, selama bulan Juni dan Juli 2017, Buibu bisa berkontribusi dalam program pembelian #SentuhanPenuhHarapan, yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk Johnson’s Baby jenis apapun di seluruh Alfamart manapun di Indonesia, yang kemudian akan didonasikan Rp 500,- ke Save the Children. (CAKEP NIH!) Masih ada waktu buat gue ikutan ini nih!

 

Ah begitulah curhatan seorang ibu yang jadi baper  dan observe kemana-mana, cuma gara-gara flashback abis nemu foto anak di album.

 

Note: Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign #SentuhanPenuhHarapan, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu @johnsonsbaby_id (Instagram), @JohnsonsBaby_ID (Twitter) dan JohnsonsBabyIndonesia (Facebook)

Advertisements

5 comments

  1. Gapapa.. gapapa..

    Masih ada kesempatan lagi untuk memperbaiki diri. 3 atau 4 kesempatan untuk adik adik adik adik Elora. *senyum manis penuh arti*

    Aaaaaamiiiiiinnnn~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s